Langsung ke konten utama

perkembangan teknologi

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI dan TRANSPORTASI di INDONESIA dan SINGAPURA

Perkembangan Teknologi dan Perkembangan Transportasi di Indonesia
Indonesia menempati peringkat ke-46 di dunia dalam bidang kemajuan teknologi. Penilaian pemeringkatan itu berdasarkan pada tingkat kesiapan teknologi (TKT) yang antara lain meliputi inovasi teknologi dan teknologi siap pakai. Pengukuran TKT terdiri atas beberapa level, pada level satu hingga tiga TKI meliputi riset dasar, serta konsep dan dasar teknologi yang akan dikembangkan. Suatu teknologi dapat dinyatakan dalam level empat hingga enam bila teknologi tersebut telah dalam bentuk prototipe.
Pada level enam sendiri merupakan titik kritis yang di dalamnya terdapat peranan penting dari pemerintah serta swasta yang berpengaruh terhadap produksi teknologi. Penilaian level tujuh hingga sembilan sendiri diberikan bila penerapan teknologi dinilai sudah matang dan siap untuk aplikasi, sudah bisa dikomersialisasikan dan ada investasi yang cukup.
Perkembangan transportasi mulai dirasakan setelah bangsa asing berdatangan ke Indonesia. Sebelumnya masyarakat di Indonesia hanya menggunakan sarana transportasi hewan seperti kuda, lembu, dan sapi untuk melakukan perjalanan hingga kedatangan bangsa-bangsa Belanda membawa peralatan transportasi data yang sudah modern.
Kemajuan transportasi di Indonesia berlanjut ketika pemerintah inggris menjadi penguasa. Pada masa itu Rafles mengembangakan system transportasi Indonesia dengan membangun jalan raya yang membentang dari Anyer sampai Panarukan. Disamping itu pemerintah Rafles juga membangun stasiun-stasiun kereta api di daerah-daerah yang ditujukan untuk memperlancar distribusi hasil-hasil produksi industri.
Secara umum pemerintah Indonesia pada masa itu meningkatkan teknologi transportasi karena dengan adanya fungsi transportasi yaitu, pertama memperlancar hubungan, pengangkutan dan interaksi antar wilayah, bahkan antar Negara.
Dari tahun-ketahun system teknologi transportasi di Indonesia semakin meningkat. Pada masa pemerintahan orde baru teknologi transportasi dijadikan sebagai program pembangunan. Hal ini dilaksanakan agar pemerintah Indonesia dapat memberikan kemudahan bagi rakyat Indonesia untuk mengakses potensi-potensi daerah lain. Pelaksanaan program ini dilakukan oleh Departemen Perhubungan. Kemudian pemerintah orde baru membentuk lembaga transportsi darat yaitu Preusahaan Jawatan Kereta Api dan  Perum Damri. Disamping itu pemerintah indonesia juga mendirikan pabrik karoseri atau pabrik perakitan alat-alat transportasi. Bahkan sampai era sekarang transportasi di Indonesia mengalami puncaknya hingga memunculkan masalah kepadatan arus lalulintas dijalan.
Perkembangan Teknologi dan Transportasi di Singapura
Singapura adlah negara yang merupakan jalur transit untuk jalur laut dan jalur udara. Singapura merupakan Negara kecil yang maju dalam bidang industry dan teknologi. Ini dikarenakan pemerintahnya yang memperhatikan akan kebutuhan masyarakatnya. Namun dengan statusnya sebagai Negara transit, masyarakatnya pastilah membutuhkan mobilitas yan sanagt tinggi, sehingga bila tidak disediakan sarana transportasi umum yang nyaman. Para enduduk pasti akan menggunakan kendaraan masing-masing
Dalam kurun waktu 10 tahun sampai 15 tahun ini, pusat bisnis akan berada di 3 pusat. Pusat kota baru di buka di daerah Marina bagian selatan untuk mengurangi kepadatan pusat kota sekarang. Juga keseimbangan antara bangunan dan ‘Ruang Terbuka Hijau’ akan terus diperhatikan untuk menjadikan Singapore sebagai kota yang sehat, asri dan nyaman.
Perkembangan teknologi juga mendapat prioritas utama dalam pemikiran pemerintah Singapore, terutama untuk masa depan generasi penerus. Salah satu koridor bisnis yang akan dikembangkan adalah apa yang disebut dengan ‘Science Habitats’ yang merupakan lingkungan yang berkualitas tinggi dan dekat dengan kegiatan bisnis.
Koridor teknologi ini merupakan gabungan koordinasi dan kerja sama antara ilmuwan, pe-bisnis serta komunitas lingkungan. Mereka akan menyediakan lingkungan dimana hasilnya diharapkan akan berguna bagi perkembangan Singapore serta dunia internasional.
Sebagai daerah bisnis, Singapura  selalu memikirkan tentang transportasi dengan memperhatikan kenyamanan penggunanya, misalnya MRT yang sangat nyaman. Elemen-elemen transportasi yang digunakan di Singapore adalah :
-          Mobil dan jalan raya
-          MRT dan LRT layang dan subway / rangkaian rel kereta api
-          Ferry dan sungai
-          Sepeda dan jalur khusus sepeda
-          Pejalan kaki dan jalur khusus pejalan kaki / pedestrian
Sistim MRT yang sudah berjalan sekarang ini ternyata membawa manfaat yang sangat besar, sehingga mampu mengangkut penumpang maksimal, cepat, juga mampu mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan di jalan raya.
Mulai tahun 2010 lalu, Singapore juga mulai mengembangkan LRT ( kereta api ringan ). LRT merupakan yang baru adalah kereta ringan, biasanya ada di layang kereta untuk transportasi massal tetapi hanya regional saja. Berbeda dengan MRT yang merupakan transportasi missal seluruh Singapore.
Selain itu, kelancaran angkutan ferry ternyata juga mendapat perhatian penuh pemerintah Singapore, yang dikembangkan sejak tahun 2010, merupakan sistim transportasi sambungan dari jalur bik kota. Juga dibangun sektor service di pusat kota.
Setelah membaca artikel di atas, kita dapat melihat bahwa pekembangan teknologi di Indonesia masih harus ditingkatkan lagi. Karena menurut saya pemerataan penggunaan teknologi masihlah kurang memuaskan. Dapat kita lihat bahwa masyarakat di pedesaan masih belum dapat menggunakan teknologi ini, bahkan masih ada masyarakat Indonesia yang kesulitan dalam hal baca dan tulis. Sehingga sebaiknya pemerintah kita melakukan pemerataan penggunaan teknologi, bukan terus menerus memperbaharui dengan sistem-sitem yang baru. Dan dalam hal transportasi kita juga hrus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap public, karena masyarakat hanya ingin menggunakan transportasi umum jika kualitas angkutan umum tersebut baik, nyaman dan sesuai dengan yang masyarakat harapkan. Menurut saya sebaiknya setiap angkutan umum diberikan kotak kritik dan saran mengenai bagaimana pelayanan angkutan umum tersebut, sehingga dapat dilihat mana angkutan umum yang baik dan kurang baik. Lalu pengemudi angkutan yang mendapatkan kritik yang kurang baik dapat diberikan sanksi.
            Lalu untuk perkembangan teknologi di Singapura, sangatlah baik karena pemerintah telah menyediakan fasilitas-fasilitas untuk public yang berupa koridor bisnis yang akan dikembangkan adalah apa yang disebut dengan ‘Science Habitats’ yang merupakan lingkungan yang berkualitas tinggi dan dekat dengan kegiatan bisnis.Koridor teknologi ini merupakan gabungan koordinasi dan kerja sama antara ilmuwan, pe-bisnis serta komunitas lingkungan. Mereka akan menyediakan lingkungan dimana hasilnya diharapkan akan berguna bagi perkembangan Singapore serta dunia internasional. Lalu untuk transportasi di Singapura, lagi-lagi pemerintah dapat mengakomodir keinginan masyarakatnya yang membutuhkan sarana tranportasi yang cepat, aman, dan nyaman. Mereka mewujudkannya dengan membuat sarana tranportasi berupa MRT, LRT, Ferry, dan jalur sepeda dan pejalan kaki yang nyaman. Sehingga masyarakat Singapura mau untuk menggunakan transportasi umum untuk beraktifitas sehari-hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 macam olahraga dan penjelasannya

10 Macam Olahraga dan Penjelasannya 10 macam olahraga dan penjelasannya      1.  Bulu tangkis Bulu tangkis  (sering disingkat  bultang ) atau badminton  adalah suatu  olahraga raket  yang dimainkan oleh dua orang (untuk  tunggal ) atau dua pasangan (untuk  ganda ) yang saling berlawanan. Mirip dengan  tenis , bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“ kok ” atau “ shuttlecock “) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama. Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu: 2. Sepak bola Sepak bola  adalah  olahraga  menggunakan bola  yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. [1] [2] [3] [4]  Sepak bola bertujuan untuk mencetak  gol  sebanyak-banyaknya dengan menggunak

Soal seni rupa kelas 9 bab 1

1.  Misalnya patung Asmat, arca batu, dan keris pusaka, dahulu untuk tujuan spiritual, tetapi sekarang banyak yang dibuat untuk hiasan. 1. Seni kepercayaan menjadi seni religius 2. Seni kepercayaan menjadi seni terapan 3. Seni kepercayaan menjadi seni murni 4. Seni kepercayaan menjadi aplied art 2.  Tokoh seniman grafis Indonesia, antara lain... 1. Wirman Lie, Hadi Sunadi, dan Surtomo 2. Firman Lie, Kaboel Suadi, dan Suromo 3. Dirman Lie, Kaboel Suhadi, dan Suryomo 4. Karman Lie, Kaboel Suyadi, dan Surtomo 3.  Istilah seni dalam bahasa latin disebut .... 1. art 2. ars 3. techne 4. dimensi 4.  Adalah karya seni rupa yang memiliki fungsi ganda, yaitu selain untuk pemenuhan kebutuhan batin, juga untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari sesuai kegunaanya. Misalnya, meja, kursi, pakaian, dan perlengkapan rumah tangga 1. Seni rupa murni 2. Seni rupa religius 3. Seni rupa masa lampau 4. Seni rupa terapan 5.  Seni yang dapat d

soal biologi kelas 9.PEWARISAN SIFAT

SOAL BIOLOGI PEWARISAN SIFAT EVALUASI 1.Genetika adalah cabang bilogi yang mempelajari    a. persamaan sifat di antara mahkluk hidup se jenis    b. perbedaan sifat di antara mahkluk hidup tak sejenis    c. pewarisa sifat suatu mahkluk hidup kepada keturunannya    d. proses pembentukan sel kelamin pada mahkluk hidup 2.Kelinci jantan berambut hitam di silangkan dengan kelinci betina berambut putih.rambut ohitam dominan     terhadap rambut putih .keturuna pertama menghasilkan kelinci berambut hitam..jika keturunan pertama di    silangkan dan menghasilkan 16 anak kelinci.kemungkinan jumlah anak kelinci berambut hitam adalah    a.12 ekor    b.8 ekor    c.4 ekor    d.2 ekor 3.Suatu individu memiliki genotipe AaBb.jadi individu tersebut memiliki gemet berjumlah    a. empat macam,yaitu A,a,B dan b    b.empat macam,yaitu AB,Ab,a, B, dan b    c. dua mavam, yaitu AB, Ab, aB, dan ab    d. dua macam, yaitu Aa dan Bb 4. Setiap pasangan sifat yang menunjukkan alternatif sesamanya, m