Langsung ke konten utama

Kecintaan Bahasa Indonesia di Kalangan Remaja


BAHASA INDONESIA LUNTUR DI NEGERI SENDIRI ?

ANNISA DWI AYUINDHIRA
D III GIZI IA

Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi bangsa Indonesia, bahasa yang mempersatukan perbedaan Indonesia. Bahasa yang menjadi saksi perjuangan para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan. Bayangkan,bahasa Indonesia mempersatukan orang-orang dengan beribu bahasa daerah dari Sabang sampai Merauke berkumpul menjadi satu merencanakan,mempeloporkan semangat kemerdekaan di setiap diri para pemuda.
Lantas dapat disimpulkan bahwa bahasa Indonesia berperan penting dalam terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan sudah seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia yang mencintai tanah, bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai alat bekomunikasi dengan masyarakat Indonesia yang berbeda suku dan bahasa, dan sebagai identitas bahwa kita punya bahasa kesatuan yang harus dijunjung tinggi.
Bayangkan jika kita tidak punya bahasa persatuan, bagaimana kita dalam berkomunikasi? bagaimana kita bisa saling memahani dan bertoleransi? Bagaimana kita bisa hidup berdampingan? Kita sebagai mahkluk sosial membutuhkan orang lain, maka kita butuh bahasa yang bisa di pahami banyak orang. Maka inilah kenapa kita dari kecil hingga di perkuliahan diajarkan bahasa Indonesia. Agar kita mencintai, memahami, menerapkan bahasa Indonesa dan nenanamkan pada diri para pemuda untuk bekal menggembangkan Indonesia.
Tapi ironisnya banyak pemuda yang mengesampingkan bahasa Indonesia, mereka memilih menggunkan bahasa Inggris, Jepang, Korea dan bahasa asing lainnya. Atau bahasa masa kini yang biasanya di sebut bahasa gaul, bahasa alay, bahasa yang menggunakan bahasa tidak baku atau dengan EYD yang salah. Mereka beranggapan dengan menggunkaan bahasa gaul atau bahasa masa kini akan terliat lebih modern dan mengikuti zaman. Padahal itu malah merusak keaslian bahasa Indonesia.
Apa lagi di zaman sebra elektronik ini dengan mudah menyebarkan bahasa-bahasa gaul sehingga bahasa ini lebih digandrungi dan berkembang pesat di seluruh penjuru. Dapat dilihat di media sosial banyak orang-orang yang memilih mengguakna bahasa Inggris agar terlihat keren. Padahal belum tentu juga banyak yang mengerti artinya, atau bahkan  mereka yang menggunakan bahasa inggris di media sosialnya tidak menggunakan bahasa Inggris yang benar dan hanya mengandalkan google translate atau mungkin mencari di internet kata kata dengan bahasa Inggris tanpa mencantunkan sumbernya.maka lebih baik jika kita menggunakan bahasa yang memang kita mengerti dan dapat di mengerti oleh banyak orang.
Saat ini kita memang hidup di era globalisasi, dimana dibutuhkan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan negara-negara lain. Guna untuk menjalin kerjasama atau hubungan antar negara. Misalnya dalam bidang pariwisata, pertukaran pelajar, tenaga kerja, dan masih banyak lagi. Kita memang perlu belajar bahasa asing, terutamanya bahasa Inggris karana bahasa ini merupakan bahasa internasional. Tapi hal itu seharusnya tidak melunturkan rasa cinta kita terhadap bahasa persatuan kita yaitu bahasa Indonesia. Malah harusnya itu bisa sebagai motivasi kita untuk memperkaya bahasa yang dapat kita kuasai. Kita harus bangga dengan bahasa kita sendiri karena itu milik kita, identitas kita jangan sampai ada orang asing yang lebih memahami bahasa Indonesia dari pada warga negara Indonesai sediri karena enggan untuk mempelajari dan menggunakan dalam kehihidupan sehari-hari.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 macam olahraga dan penjelasannya

10 Macam Olahraga dan Penjelasannya 10 macam olahraga dan penjelasannya      1.  Bulu tangkis Bulu tangkis  (sering disingkat  bultang ) atau badminton  adalah suatu  olahraga raket  yang dimainkan oleh dua orang (untuk  tunggal ) atau dua pasangan (untuk  ganda ) yang saling berlawanan. Mirip dengan  tenis , bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“ kok ” atau “ shuttlecock “) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama. Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu: 2. Sepak bola Sepak bola  adalah  olahraga  menggunakan bola  yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. [1] [2] [3] [4]  Sepak bola bertujuan untuk mencetak  gol  sebanyak-banyaknya dengan menggunak

Soal seni rupa kelas 9 bab 1

1.  Misalnya patung Asmat, arca batu, dan keris pusaka, dahulu untuk tujuan spiritual, tetapi sekarang banyak yang dibuat untuk hiasan. 1. Seni kepercayaan menjadi seni religius 2. Seni kepercayaan menjadi seni terapan 3. Seni kepercayaan menjadi seni murni 4. Seni kepercayaan menjadi aplied art 2.  Tokoh seniman grafis Indonesia, antara lain... 1. Wirman Lie, Hadi Sunadi, dan Surtomo 2. Firman Lie, Kaboel Suadi, dan Suromo 3. Dirman Lie, Kaboel Suhadi, dan Suryomo 4. Karman Lie, Kaboel Suyadi, dan Surtomo 3.  Istilah seni dalam bahasa latin disebut .... 1. art 2. ars 3. techne 4. dimensi 4.  Adalah karya seni rupa yang memiliki fungsi ganda, yaitu selain untuk pemenuhan kebutuhan batin, juga untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari sesuai kegunaanya. Misalnya, meja, kursi, pakaian, dan perlengkapan rumah tangga 1. Seni rupa murni 2. Seni rupa religius 3. Seni rupa masa lampau 4. Seni rupa terapan 5.  Seni yang dapat d

soal biologi kelas 9.PEWARISAN SIFAT

SOAL BIOLOGI PEWARISAN SIFAT EVALUASI 1.Genetika adalah cabang bilogi yang mempelajari    a. persamaan sifat di antara mahkluk hidup se jenis    b. perbedaan sifat di antara mahkluk hidup tak sejenis    c. pewarisa sifat suatu mahkluk hidup kepada keturunannya    d. proses pembentukan sel kelamin pada mahkluk hidup 2.Kelinci jantan berambut hitam di silangkan dengan kelinci betina berambut putih.rambut ohitam dominan     terhadap rambut putih .keturuna pertama menghasilkan kelinci berambut hitam..jika keturunan pertama di    silangkan dan menghasilkan 16 anak kelinci.kemungkinan jumlah anak kelinci berambut hitam adalah    a.12 ekor    b.8 ekor    c.4 ekor    d.2 ekor 3.Suatu individu memiliki genotipe AaBb.jadi individu tersebut memiliki gemet berjumlah    a. empat macam,yaitu A,a,B dan b    b.empat macam,yaitu AB,Ab,a, B, dan b    c. dua mavam, yaitu AB, Ab, aB, dan ab    d. dua macam, yaitu Aa dan Bb 4. Setiap pasangan sifat yang menunjukkan alternatif sesamanya, m