Langsung ke konten utama

menulis karya ilmiah


KIAT-KIAT MENULIS KARYA ILMIAH YANG BAIK DAN BENAR ANTI PLASIASI

ANNISA DWI AYUINDHIRA
D-III GIZI IA
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES MALANG
annisaindhira@gmail.com

Tentunya kita sudah tidak asing dengan istilah karya ilmiah. Karya ilmiah adalah suatu karangan atau tulisan yang didasarkan pada hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dibidang tertentu yang dilakukan oelh seseorang atau tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan (Wikipedia.org, 2018). Ada beberapa jenis karya ilmiah antara lain laporan penelitian, makalah seminar, artikel, jurnal, dan masih banyak lagi. Tujuan dalam sebuah penulisan karya ilmiah adalah untuk memberikan saran,penjelasan,komentar atau penilaian, menyampaikan sanggahan dan membuktikan hipotesa. Kita sudah ngengenal ragam karya ilmiah dari sejak SMP. Namun mungkin selama ini kita masih salah dalam pemahaman karya ilmiah dan cara membuatnya dengan baik dan benar. Menurut widyartono (2015)“Penulisan karya ilmiah harus dilakukan dengan baik dan benar. Penulisan karya ilmiah yang baik harus sesuai dengan etika penulisan, misalnya mengutip kalimat atau gagasan orang lain, bukan menjiplaknya. Penulisan karya ilmiah yang benar harus sesuai dengan dengan sistematika, teknik, format, dan bahasa penulisan. Maka di perlukan untuk paham akan cara membuat karya ilmiah.
Di perguruan tinggi, mahasiswa dituntut untuk bisa membuat karya tulis yang baik dan benar, karena setiap membuat makalah, laporan pratikum dan skripsi memerlukan pemahaman kaidah penulisan karya ilmiah. Menurut Widyartono (2018:4),” Ragam karya ilmiah berupa makalah, artikel, dan laporan penelitian oleh mahasiswa (tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi), guru, dosen, dan peneliti. Penulisan karya ilmiah ini berpedoman pada aturan. Aturan ini tertuang dalam pedoman penulisan karya ilmiah yang dipublikasikan oleh lembaga/institusi Pendidikan”. Masalah yang sering di hadapi saat penulisan karya ilmiah antara lain plagiasi, fabrikasi, falsifikasi, duplikasi, fragmentasi, eksploitasi.
Plagiasi adalah kegiatan mencuri ide, teks, data, gambar, proses, hasil penelitian tanpa mencantumkan pengarangnya didaftar rujukan. Tentunya kegiatan ini merugikan bagi pihak yang mempunyai karya ilmiah yng asli. Ada mahasiswa yang melakukan kegiatan plagiasi untuk memenuhi tugas, laporan bahkan skripsi padahal hal itu justru berakhibat fatal bagi mahasiwa itu sendiri. Mahasiswa yang terbukti melakukn plagiasi bisa mendapat sanksi antara lain:
1.      teguran, perungatan tertulis.
2.       penundaan pemberian sebagai hak mahasiswa.
3.      pembatalan nilai satu atau beberapa mata kuliah yang diperoleh mahasiswa.
4.      pemberhentian dengan hormat dari status sebagai mahasis.
5.      pembatalan ijazah apabila mahasiwa telah lulus dari suatu program.
Namun jangan khawatir karena kita dapat mengkutipkan karya orang lain asal kita cantumkan siapa penulis alsinya. Maka berikut adalah kiat dan langkah-langkah menulis karya ilmiah berupa artikel yang baik dan benar anti plagiasi :
1.      Menentukan tema yang akan di bahas dalam karya ilmiah
è biasamya terdiri dari 1 atau 2 kata saja (tidak sama dengan judul)
è contohnya : gizi buruk, stunting, kecintaan terhadap bahasa Indonesia
2.      Buatlah judul yang relefan dan menarik
è judul yang relefan dan menarik berfungsi untuk menarik minat pembaca agar mau untuk membaca kita
è pastikan judul yang di buat terdiri atas 5 sampai 15 huruf
è contoh: pengaruh gizi buruk terhadap tumbuh kembang anak, sehat tidak harus mahal.
3.      Mulai membuat isi dari karya ilmiah atau artikel
è Setiap karya iomiah mempunyai bagian yang berpeda -beda. Untuk artikel urutannya sebagai berikut:
1.      Judul artikel karya ilmiah
2.      Identitas penulis.
·         Nama, Lembaga, alamat email
3.      Abstrak dan kata kunci
·         Abstrak umunya terdiri dari 100-150  kata
·         Kata kunci 3-5 kata
4.      Pendahuluan
·         Biasanya berisi permasalahn atau konsep yang akan  di bahas dan alsan kenapa membahas topik tersebut.
·         Terdiri atas 3-4 paragraf
5.      Pembahasan
·         Pembahasan (1) à berisi hakikat, devinisi, pengertian
·         Pembahasan (2) à berisi faktor penyebab
·         Pembahasan (30) à cara mengatasi atau solusi
·         Maksimal terdiri dari 4 pembahasan
6.      Simpulan
7.      Daftar pustaka
·         Pastikan menggunakan referensi yang terpercaya dan terbukti kebenaranya. Bisa dari buku buku pengetahuan atau melalui internet.
4.      Dalam mencari referensi dalam rangka memperkaya tulisan, bisa dengan cara mengkutip. Tetapi mengkutip ada tata caranya.
è Kutiapan langsung (kurang dari 40 kata) :
Contohnya:
·      Model 1
Maka dapat kita ketahui gizi sangat penting untuk tubuh kita agar bisa melaksanakan tugas dan fugsinya dengan baik. Menurut Almatsier (2004:3),” secara klasik kata gizi hanya dihubungkan dengan kesehatan tubuh, yaitu untuk menyediakan energi, membangun dan memelihara jaringan tubuh, serta mengatur proses-proses kehidupan dalam tubuh”. Namun kekurangan asupan gizi tidak langsung di rasakan. Perlu jangka Panjang untuk bisa merasakan efek dari kurangnya giz dalam tubuh.
·         Model 2
Namun ada penyebab lain yang dapat mengakibatkan gizi buruk. ” malnutrisi juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tubuh yang tidak dapat menyerap nutrisi, masalah pada kesehatan mental, dan  kecanduan narkotika atau alkohol, serta kemiskinan. Tanpa perbaikan asupan nutrisi dan pengobatan yang tepat, malnutrisi dapat menyebabkan gangguan kesehatan” (alodokter.com,2018).oleh karena itu kita harus memeperhatikan asupan makanan yang kita makan apakah sudah memenuhi kebutuhan nutrisi tiap harinya.
è Kutipan tidak langsung (lebih dari 40 kata)
Tidak boleh ada lima kata yang berurutan sama dengan penulis alsi. Contohnya :
·         Seiring berjalannya waktu pandangan akan gizi tidak terpacu hanya dengan kesehatan dan tubuh, melaikan sudah berpengaruh dalam segi sosial. Sesorang yang memiliki potensi ekonomi yang bagus maka kebutuhan gizinya terpenuhi dengan baik, gizi yang terpenuhi mempengaruhi perkembangan otak yang akan meningkatkan kemampuan dalam belajar dan akan mengakibatkan produktivitas kerja yang bagus (Almatsir,2004:4).
·         Marasmus merupakan gizi buruk karena kekurangan karbohidrat. Kondisi ini biasanya dialami oleh anak usia 0-2 tahun. Ciri-ciri umum anak yang mengalami marasmus yaitu memiliki berat badan kurang dari 60 persen berat badan sesuai dengan usianya, suhu tubuh yang rendah, dan kulit tubuh yang longgar hingga hanya terlihat seperti tulang yang terbungkus kulit saja. Selain itu, wajah anak akan terlihat lebih tua dan mengalami diare kronik atau susah buang air kecil(harian.analisadaily.com)
5.      Untuk menghindari plagiasi kita bisa mengatasi dengan melakukan pengecekan sumber web atau situs yang kita kutip lewat plagiasi scanner, kita bisa mengaksesnya dengan mudah di google. Contoh smallseotools.com. dan masih banyak lagi. Bisa juga kita mengkutip dengan buku buku pengetahuan yang sudah pasti terpercaya keakuratannya, bisa juga situs-situs resmi yang berisi penulis penulis terpercaya contohnya google scholar, researchgate.net, doaj.org, dan masih banyak lagi
            Dengan pembelajaran ini diharapkan kita bisa memahami cara menulis artikel atau karya ilmiah yang baik dan benar, sesuai kaidah yang berlaku sehingga kita bisa memanfaatkannya untuk hal yang bermanfaat. Di harapkan penulisan karya ilmiah bagi masiswa tidak hanya berpacu dengan penyelesaian tugas melainkan dengan berguna untuk pembaca. Penulisan skripsi tidak hanya bertujuan untuk mencapai kelulusan prodram studi tertentu tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat. Begitu juga dengan makalah ilmiah tidak hanya untuk memenuhi tugas mata kuliah tertentu, melainkan membawa manfaat unutk masyarakat akademis secara khusus.(widyartono,2014)
            Maka hendaklah kita merubah pemahaman dalam penulisan karya ilmiah, agar tidak terjadi suatu akibat yang bisa merugakan banyak pihak. Dengan kita menulis kutipan dan mencantungkan nama penulis dalam daftar rujukan itu sama artinya denga kita menhargai karya milik orang lain.

Daftar Rujukan
Almasier, Sunita.2004.Prinsip Dasar Ilmu Gizi.Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama
Noya, A. 2018. Berbagai Penyakit Akibat Malnutrisi, alodokter. (https://www.alodokter.com/perhatikan-berbagai-penyakit-akibat-malnutrisi-di-bawah-ini), diakses 11 Oktober 2018.
Widyartono, Didin. 2014. Model Perangkat Pembelajaran Menyunting Makalah Ilmiah Berdasarkan Blended Learning,pg.2. ( file:///C:/Users/lenovo/Downloads/DidinWidyartono-ModelPerangkatPembelajaran.pdf ), diakses 11 oktober 2018
Widyartono, Didin. 2015. Impelementasi Pindai Plagiasi Secara Sambung Jaring Pada Karya Tulis Ilmiah Siswa SMA, pg.1&2. (file:///C:/Users/lenovo/Downloads/DidinWidyartono-ImplementasipindaiplagiasikaryatulisilmiahsiswaSMA.pdf), diakses pada 11 Oktober 2018
Widyartono, Didin. 2018. Panduan Menulis Karya Ilmiah di Perguruan Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang
Wikipedia. 2018. Karya Ilmiah 

(khttps://id.wikipedia.org/wiki/Karya_ilmiah), diakses 10 Oktober 2018
Yuliana. 2018. Gizi Buruk. Harian.analisadaily, (http://harian.analisadaily.com/kesehatan/news/3-tipe-gizi-buruk/486187/2018/015), diakses 11 Oktober 2018


Untuk mengetahui contoh artikel yang sesuai dengan  bisa klik link di bawah ini:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 macam olahraga dan penjelasannya

10 Macam Olahraga dan Penjelasannya 10 macam olahraga dan penjelasannya      1.  Bulu tangkis Bulu tangkis  (sering disingkat  bultang ) atau badminton  adalah suatu  olahraga raket  yang dimainkan oleh dua orang (untuk  tunggal ) atau dua pasangan (untuk  ganda ) yang saling berlawanan. Mirip dengan  tenis , bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“ kok ” atau “ shuttlecock “) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama. Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu: 2. Sepak bola Sepak bola  adalah  olahraga  menggunakan bola  yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. [1] [2] [3] [4]  Sepak bola bertujuan untuk mencetak  gol  sebanyak-banyaknya dengan menggunak

Soal seni rupa kelas 9 bab 1

1.  Misalnya patung Asmat, arca batu, dan keris pusaka, dahulu untuk tujuan spiritual, tetapi sekarang banyak yang dibuat untuk hiasan. 1. Seni kepercayaan menjadi seni religius 2. Seni kepercayaan menjadi seni terapan 3. Seni kepercayaan menjadi seni murni 4. Seni kepercayaan menjadi aplied art 2.  Tokoh seniman grafis Indonesia, antara lain... 1. Wirman Lie, Hadi Sunadi, dan Surtomo 2. Firman Lie, Kaboel Suadi, dan Suromo 3. Dirman Lie, Kaboel Suhadi, dan Suryomo 4. Karman Lie, Kaboel Suyadi, dan Surtomo 3.  Istilah seni dalam bahasa latin disebut .... 1. art 2. ars 3. techne 4. dimensi 4.  Adalah karya seni rupa yang memiliki fungsi ganda, yaitu selain untuk pemenuhan kebutuhan batin, juga untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari sesuai kegunaanya. Misalnya, meja, kursi, pakaian, dan perlengkapan rumah tangga 1. Seni rupa murni 2. Seni rupa religius 3. Seni rupa masa lampau 4. Seni rupa terapan 5.  Seni yang dapat d

soal biologi kelas 9.PEWARISAN SIFAT

SOAL BIOLOGI PEWARISAN SIFAT EVALUASI 1.Genetika adalah cabang bilogi yang mempelajari    a. persamaan sifat di antara mahkluk hidup se jenis    b. perbedaan sifat di antara mahkluk hidup tak sejenis    c. pewarisa sifat suatu mahkluk hidup kepada keturunannya    d. proses pembentukan sel kelamin pada mahkluk hidup 2.Kelinci jantan berambut hitam di silangkan dengan kelinci betina berambut putih.rambut ohitam dominan     terhadap rambut putih .keturuna pertama menghasilkan kelinci berambut hitam..jika keturunan pertama di    silangkan dan menghasilkan 16 anak kelinci.kemungkinan jumlah anak kelinci berambut hitam adalah    a.12 ekor    b.8 ekor    c.4 ekor    d.2 ekor 3.Suatu individu memiliki genotipe AaBb.jadi individu tersebut memiliki gemet berjumlah    a. empat macam,yaitu A,a,B dan b    b.empat macam,yaitu AB,Ab,a, B, dan b    c. dua mavam, yaitu AB, Ab, aB, dan ab    d. dua macam, yaitu Aa dan Bb 4. Setiap pasangan sifat yang menunjukkan alternatif sesamanya, m